Magento Platform E-Commerce Terpopuler

Gambar1. Logo Magento
Apa itu Mageto?

Magento adalah platform e-commerce open-source yang ditulis dalam PHP . Ini adalah salah satu sistem e-commerce terbuka yang paling populer di jaringan. Perangkat lunak ini dibuat menggunakan Zend Framework . Kode sumber Magento didistribusikan di bawah Open Source Initiative (OSI) yang disetujui oleh Open Software License (OSL) v3.0, yang mirip dengan AGPL tetapi tidak sesuai dengan GPL .

Perangkat lunak ini awalnya dikembangkan oleh Varien, Inc, sebuah perusahaan swasta AS yang berkantor pusat di Culver City, California , dengan bantuan dari sukarelawan .

Lebih dari 100.000 toko online telah dibuat di platform ini. Kode platform telah diunduh lebih dari 2,5 juta kali, dan barang senilai $ 155 miliar telah terjual melalui sistem berbasis Magento pada tahun 2019.  Dua tahun lalu, Magento menyumbang sekitar 30% dari total pangsa pasar.

Varien menerbitkan rilis ketersediaan umum pertama dari perangkat lunak pada 31 Maret 2008. Roy Rubin, mantan CEO Varien, kemudian menjual saham perusahaan ke eBay , yang akhirnya sepenuhnya diakuisisi dan kemudian menjual perusahaan ke Permira ; Permira kemudian menjualnya ke Adobe .

Pada 17 November 2015, Magento 2.0 dirilis. Di antara fitur berubah dalam V2 adalah sebagai berikut: berkurang meja penguncian masalah, meningkatkan caching halaman, perusahaan-kelas skalabilitas, inbuilt cuplikan kaya untuk data terstruktur, struktur file baru dengan kustomisasi lebih mudah, CSS Preprocessing menggunakan KURANG & CSS URL penyelesai, peningkatan kinerja dan basis kode yang lebih terstruktur. Magento menggunakan sistem manajemen basis data relasional MySQL atau MariaDB , bahasa pemrograman PHP , dan elemen-elemen Zend Framework . Ini menerapkan konvensi pemrograman berorientasi objek dan model-view-controllerArsitektur. Magento juga menggunakan model entitas-atribut-nilai untuk menyimpan data. Selain itu, Magento 2 memperkenalkan pola Model-View-ViewModel ke kode front-end-nya menggunakan pustaka JavaScript Knockout.js. [1]

Kelebihan Magento

Berbicara tentang Magento, kita tidak bisa lepas dari fakta yang menyatakan bahwa platform ini kuat dan powerful. Bahkan software ini berhasil menjadi rumah bagi toko online berskala besar. Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Magento untuk membuat toko online:
  1. Dari segi kelengkapan fitur, Magento hampir tidak tertandingi.
  2. Platform ini menawarkan kemudahan kustomisasi berkat adanya sistem ekstensi dan tema.
  3. Tersedia patch keamanan reguler.
  4. Karena mudah diskalakan, Magento jadi pilihan terbaik untuk mengonlinekan proyek berskala besar.
Gambar2. Dasboard Magento

Magento memiliki angka penjualan yang baik dan reputasinya pun tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja, Magento bukan platform yang mudah dijalankan oleh user baru atau yang belum berpengalaman dalam bidang web development. Sebaiknya gunakan Magento ketika Anda ingin membangun bisnis online yang stabil, atau mencari CMS online shop Indonesia yang kaya akan fitur serta opsi kustomisasi, atau mengembangkan dan memajukan toko online yang sudah ada saat ini. [2]



Referensi:
[1]. Dikutip dari https://en.wikipedia.org/wiki/Magento. Diakses 15 Oktober 2019.
[2]. Dikutip dari https://www.hostinger.co.id/tutorial/magento-vs-prestashop. Diakses 15 Oktober 2019.


Powered by Blogger.