Apa Benar 70% Pengguna Narkoba Anak Sekolah?

 
Berita ini diperoleh dari detikcom, dimana sampai akhir 2008 dari 4 juta pengguna narkoba, 70% adalah anak sekolah. Hal ini diutarakan oleh Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan, Budihardja dalam seminar Hari Anak Nasional di Gedung SMESCO, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (29/7/2009). Berdasarkan Survei Kesehatan 2007 oleh Depkes diketahui 22.000 kasus narkoba dengan status anak SMA, 6000 SMP dan 3000 anak SD. Sangat memprihatinkan jika kondisi ini benar-benar terjadi.
Saya mungkin sedikit percaya dengan hasil survei ini terutama untuk data jumlah kasus, karena untuk kasus yang seperti ini biasanya dugaannya malah under estimated artinya kasus yang terjadi kemungkinan malah lebih besar. Budaya masyarakat yang segan menjawab pertanyaan dalam suatu survei yang menyangkut kejelekan/ kekurangan/ dosa dalam keluarga, menjadi pertimbangan saya menilai hasil ini. Sekali lagi ini baru perkiraan saya karena saya sendiri kurang mengetahui data survei ini (jia ada yang menawarkan, saya sangat berterima kasih)
Tetapi angka 70% ini bisa benar karena memang rumus perhitungan benar, tetapi bisa jadi ini bukan statistik sesungguhnya. Pertimbangan saya begini, anak sekolah pengguna narkoba yang SUDAH KETAHUAN mungkin bisa dideteksi karena peran orang tua. Anak sekolah bisa lebih mudah terdeteksi sebagai pengguna karena mereka masih berinteraksi dengan sekolah dan keluarga, yang mempunyai rasa kepedulian yang tinggi. Bagaimana dengan pengguna non-siswa, jangan-jangan mereka TIDAK ketahuan dan menjadi pencandu sampai saat ini, sehingga tidak terhitung pada populasi pengguna. Sedangkan pengguna non-siswa lebih sulit dideteksi karena interaksinya hanya pada lingkungan sekitar yang kadang-kadang rasa kepeduliannya sangat rendah. Jadi saya yakin pengguna narkoba di Indonesia lebih dari 4 juta dan statistik pengguna narkoba di kalangan pelajar musti dipelajari lebih mendalam karena kasus seperti ini penelitiannya sangat sulit dilakukan, alat ukur berupa kuesioner mungkin belum bisa menduga secara akurat.
Apakah Anda punya pengalaman lain yang berhubungan dengan informasi ini? Sangat diharapkan memberikan komentar yang memperkaya artikel ini.
Powered by Blogger.