Pertolongan pertama pada panas dan demam

Apabila suhu badan seseorang terlalu tinggi kita katakan orang itu menderita panas ( demam ). Panas sendiri bukan merupakan penyakit, melainkan sebuah gejala dari macam-macam penyakit, walupun begitu, panas yang tinggi dapat membahayakan, khususnya bagi anak-anak kecil.
Pertolongan jika seseorang menderita panas:
1. Lepaskan seluruh lain yang menyelubunginya.
Anak-anak kecil harus ditanggalkan seluruh pakaiannya dan dibiarkan telanjang sampai panas turun. Jangan sekali-kali meyelubungi anak tersebut dengan pakaian atau selimut. Perlakuan ini akan meningikan panasnnya.
Membungkus rapat-rapat anak yang menderita panas merupakan perlakuan yang membahayakan.
Udara segar atau hembusan angin yang perlahan-lahan tidak akan membahayakan penderita panas. Sebaliknya angin yang sejuk membantu menurunkan panasnya.
2. Berikanlan paracetamol sebagai pertolongan pertama dengan jumlah yang sedikit.
3. Setiap yang menderita panas harus minum air yang banyak , sari buah atau cairan l.ainnya. Bagi anak-anak yang kecil , khususnya bagi bayi berikanlah ASI.
4. Selanjutnya bawa ke dokter.
PANAS YANG SANGAT TINGGI
Panas yang sangat tinggi dapat membahayakan jika tidak segera ditangani. Panas tinggi dapat menyebabkan kejang (konvulsi) atau bahkan kerusakan otak yang permanen ( kelumpuhan, kelambatan mental, epilepsi dan linnya). Panas tinggi paling berbahaya bagi anak-anak kecil.
Powered by Blogger.